KONTRIBUSI MGMP TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA INDONESIA SMA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

ADAM, M (2016) KONTRIBUSI MGMP TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA INDONESIA SMA DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal M Adam.docx

Download (43kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menjelaskan (1) kontribusi MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia SMA dalam merencanakan pembelajaran. (2) kontribusi MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia SMA dalam melaksanakan pembelajaran. (3) kontribusi MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia SMA dalam mengevaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengkaji data kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia dan data pelaksanaan kegiatanpem belajaran. Analisis deskriptif kuantitatif yang digunakanya itu analisis persentase, mean, nilai tertinggi, nilai terendah, dan histogram. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan berdasarkan temuan-temuan di lapangan dan dokumentasi berupa pencatatan terhadap kegiatan MGMP dan kompetensi pedagogik dan profesional guru bahasa Indonesia dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah teknik kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disusun dalam bentuk informasi yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Polewali Mandar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berada pada kategori baik. Ada beberapa faktor yang mendukung peningkatan kompetensi mengajar guru bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Polewali Mandar yaitu materi yang diperoleh dari hasil kegiatan MGMP memberikan kontribusi positif dalam membuat perencanaan pembelajaran berupa perankat pembelajaran, menguasai beberapa metode mengajar dan aplikasinya dari hasil kegiatan MGMP yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran, dan menguasai teknik penilaian melalui hasil kegiatan MGMP dalam mengevaluasi hasil pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan MGMP memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi Pedagogik dan Profesional guru bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Polewali Mandar. Melalui forum MGMP, guru bahasa Indonesia SMA memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat perencanaan. Begitu pula dalam pelaksanaan pembelajaran, guru bahasa Indonesia dapat meningkatkan etos kerja dan menemukan desain pembelajaran yang inovatif berdasarkan hasil pengalaman masing-masing oleh peserta MGMP. Juga melalui kegiatan MGMP, para peserta dapat menerapkan teknik penilaian secara objektif dalam evaluasi hasil pembelajaran. Kata Kunci: Guru, Kompetensi, Kontribusi, MGMP, Peningkatan, Pedagogik, Profesional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:55
Last Modified: 17 Oct 2017 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item