Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Titin, Nasofah and Jusniar, Jusniar and Rostina, Arsani (2022) Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal profesi keoendidikan, 3 (1). pp. 247-251. ISSN 2252-7559

[img] Text (Jurnal Profesi kependidikan)
29361-70131-1-SM.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIB melalui metode pembelajaran problem based learning di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring. Hasil penelitian, setelah menerapkan metode pembelajaran problem based learning, menunjukkan peningkatan minat dan hasil blajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata angket minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 2,51. Siklus II meningkat menjadi 3,24. Siklus III meningkat menjadi 3,53. Hasil belajar peserta didik juga telah meningkat, hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 71,43. Hasil belajar meningkat 90,00 pada siklus II dan 92,00 pada siklus III. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran problem based learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 28 Jun 2023 01:30
Last Modified: 28 Jun 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32166

Actions (login required)

View Item View Item