Titin, Nasofah and Jusniar, Jusniar and Rostina, Arsani (2022) Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal profesi keoendidikan, 3 (1). pp. 247-251. ISSN 2252-7559
Text (Jurnal Profesi kependidikan)
29361-70131-1-SM.pdf - Published Version Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIB melalui metode pembelajaran problem based learning di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring. Hasil penelitian, setelah menerapkan metode pembelajaran problem based learning, menunjukkan peningkatan minat dan hasil blajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata angket minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 2,51. Siklus II meningkat menjadi 3,24. Siklus III meningkat menjadi 3,53. Hasil belajar peserta didik juga telah meningkat, hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 71,43. Hasil belajar meningkat 90,00 pada siklus II dan 92,00 pada siklus III. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran problem based learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Jusniar Jusniar |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 01:30 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 01:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32166 |
Actions (login required)
View Item |