SARIPUDDIN, SARIPUDDIN (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING PESERTA DIDIKKELAS VII.1 SMP NEGERI 4 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
ARTIKEL.docx Download (79kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan.Peningkatan aktivitas guru ditandai dengan bertambahnya jumlah penerapan pada kategori sangat baik, kategori baik, dan berkurangnya jumlah penerapan pada kategori cukup dan kurang. Keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 58%, dan meningkat pada siklus II menjadi 80% . Hasil belajar peserta didik yang nilai kriteria ketuntasan minimum siklus I sebanyak 8 (36% ) dengan nilai rata-rata 65,02, kemudian pada siklus II peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan sebanyak 21 (95%) dengan nilai rata-rata 85,22 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi melalui teknik menulis terbimbing mengalami peningkatan, baik pada proses penerapan 22% maupun hasil pembelajaran 59%. Kata kunci: pembelajaran, menulis teks deskripsi, teknik menulis terbimbing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:50 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3216 |
Actions (login required)
View Item |