PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING PESERTA DIDIKKELAS VII.1 SMP NEGERI 4 PAREPARE

SARIPUDDIN, SARIPUDDIN (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING PESERTA DIDIKKELAS VII.1 SMP NEGERI 4 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (79kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan.Peningkatan aktivitas guru ditandai dengan bertambahnya jumlah penerapan pada kategori sangat baik, kategori baik, dan berkurangnya jumlah penerapan pada kategori cukup dan kurang. Keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 58%, dan meningkat pada siklus II menjadi 80% . Hasil belajar peserta didik yang nilai kriteria ketuntasan minimum siklus I sebanyak 8 (36% ) dengan nilai rata-rata 65,02, kemudian pada siklus II peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan sebanyak 21 (95%) dengan nilai rata-rata 85,22 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi melalui teknik menulis terbimbing mengalami peningkatan, baik pada proses penerapan 22% maupun hasil pembelajaran 59%. Kata kunci: pembelajaran, menulis teks deskripsi, teknik menulis terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:50
Last Modified: 17 Oct 2017 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item