Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS di Kota Makassar

Fitriani, Nurul and Faridah, Faridah (2022) Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS di Kota Makassar. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan, 3 (1). pp. 48-55. ISSN 2721-1886

[img] Text
Faridah_Pengelolaan MGMP.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Turnitin_Faridah_Pengelolaan_MGMP.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/19447/pdf

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kota Makassar, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data peneliti yaitu Guru, ketua MGMP IPS. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, survey, dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, terakhir adalah tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan MGMP IPS di Kota Makassar akan merujuk pada bagaimana pengelolaan kelas yang baik, pelaksanaan pembelajaran, peranan guru dan hasil belajar siswa. (2) Perencanaan MGMP yang dibangun secara komulatif akan sangat berdampak terhadap profesionalisme guru dalam penguatan kapasitasnya. (3)Pelaksanaan MGMP merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Hambatan dalam pelaksanaan program MGMP diantaranya adalah masalah waktu koordinasi pengurus, sumber dana untuk melaksanakan program dan kurangnya motivasi diri dari masing masing anggota. (4) Evaluasi MGMP dilaksanakan setelah kegiatan tersebut berlangsung dengan membuat laporan pertanggung jawaban

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Depositing User: Dr.Ed. Faridah .
Date Deposited: 28 Jun 2023 10:32
Last Modified: 28 Jun 2023 10:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32153

Actions (login required)

View Item View Item