Gender dalam Lembaga Kemahasiswaan

Juwita Hartati, Sri Banun and Faridah, Faridah and Wahed, Andi (2022) Gender dalam Lembaga Kemahasiswaan. Jambura: Journal of Educational Management, 3 (2). pp. 12-21. ISSN 2721-2106

[img] Text
Faridah_Gender dalam Lembaga Kemahasiswaan.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Turnitin_Faridah_Gender_dalam_Lembaga_Kemahasiswaan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/...

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gender dan lembaga kemahasiswaan di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang praktik kesetaraan gender di lembaga kemahasiswaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus lembaga kemahasiswaan yang masih aktif dan demisioner. ¬Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik berdasarkan isu yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama dalam menduduki jabatan didalam organisasi sesuai dengan komptensi dan aturan organisasi. Meskipun demikian, terdapat persepsi bahwa laki-laki dianggap lebih pantas dalam menduduki jabatan sebagai ketua atau koordinator karena dianggap memiliki ketegasan dalam pengambilan keputusan, memiliki jiwa kepemimpinan, dan berani mengambil resiko. Di sisi lain, perempuan dianggap lebih pantas menduduki jabatan sekretaris dan bendahara karena dianggap sebagai sosok yang lebih rajin, teliti, rapi, dan terampil dalam mengurus keuangan. Hal ini menjelaskan mengapa dengan jumlah perempuan yang lebih banyak, tetapi yang menjadi ketua selalu laki-laki dan perempuan ditempatkan sebagai sekretaris dan bendahara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Depositing User: Dr.Ed. Faridah .
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:22
Last Modified: 28 Jun 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32150

Actions (login required)

View Item View Item