PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN TEKNIK DISKUSI

TAMRIN, TAMRIN (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN TEKNIK DISKUSI. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (69kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik diskusi siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 4 Parepare” yang meliputi aspek kebahasaan yakni: ketepatan pelafalan, ketepatan pilihan kata, dan keefektifan kalimat serta aspek nonkebahasaan yakni: kefasihan/kelancaran, keterbukaan, relevansi, keberanian, dan ketenangan dalam berbicara. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran berbicara dengan teknik diskusi. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 4 Parepare sebanyak 24 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data, yaitu teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP hendaknya membuat RPP, mendesain pelaksanaan, serta membiat penelitian dengan menggunakan teknik diskusi kelompok sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya aspek kebahasaan dan nonkebahasaan. Kata kunci: penerapan, teknik diskusi, dan keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:48
Last Modified: 17 Oct 2017 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item