Efektivitas Penggunaan Video Online dalam Pembelajaran Kalkulus di Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar

Suradi Tahmir, - and Djam’an, Nurwati (2019) Efektivitas Penggunaan Video Online dalam Pembelajaran Kalkulus di Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian_Efektivitas Penggunaan Video Online dalam Pembelajaran Kalkulus di Jurusan Matematika.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review_Efektivitas penggunaan video online.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi efektivitas penggunaan video online dalam Pembelajaran Kalkulus 2 di Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian yang diinvestigasi dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana respon mahasiswa dalam penggunaan video online dalam pembelajaran kalkulus 2 di Universitas Negeri Makassar?; 2) Apa dampak dari penggunaan video online dalam pembelajaran kalkulus 2 di Universitas Negeri Makassar terhadap pembelajaran mahasiswa? Dalam penelitian ini ada dua metodologi yang digunakan yakni: action research (penelitian tindakan kelas) and mixed methods research (metode gabungan antara kuantitatif dan kualitatif). Penelitian berlangsung di Jurusan Matematika kelas ICP Universitas Negeri Makassar tahun ajaran 2018-2019. Selama studi ini, siswa menyelesaikan kuesioner tertulis dan wawancara untuk mengetahui respons dan persepsi mereka terhadap penerapan video online pada mata kuliah kalkulus 2. Selain itu, siswa menyelesaikan ujian pertengahan semester (mid) dan final untuk mengevaluasi prestasi belajar mereka. Penelitian ini mengungkapkan bahwa rata-rata respons mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kalkulus dengan menggunakan video online secara keseluruhan sebesar 87,5% atau berada dalam kategori baik sekali. Studi ini juga menemukan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan video online dalam mata kuliah kalkulus 2. Namun, beberapa siswa sedikit kurang positif tentang penerapannya karena percakapan antara audiens dan pembicara dalam video online tidak dapat berlangsung. Sedangkan, hasil belajar siswa pada tes tengah semester nampak bahwa nilai rata-rata 75,08 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 5,626 yang menunjukkan bahwa nilai siswa di atas ketuntasan minimum, yaitu 71. Sementara, hasilnya dalam ujian akhir yakni nilai rata-rata 78,07 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,728 yang menunjukkan bahwa skor siswa juga di atas ketuntasan minimum. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menguasai mata kuliah Kalkulus 2 berbantuan video online dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:19
Last Modified: 28 Jun 2023 14:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32148

Actions (login required)

View Item View Item