Pembentukan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Islam

Wardani, Wulan and Faridah, Faridah (2021) Pembentukan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Islam. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan, 2 (2). pp. 118-126. ISSN 2721-1886

[img] Text
Faridah_Pembentukan Karakter Siswa Melaui Budaya Sekolah.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Turnitin_Faridah_Pembentukan_Karakter_Siswa_Melaui_Budaya_Sekolah.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10149

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah gambaran budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar, (2) bagaimana cara penerapan budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Biruni Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) budaya sekolah yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar, yaitu nilai islami, kepemimpinan, budaya antri, budaya saling menyapa, budaya saling menghormati, budaya berbicara sopan, dan budaya jujur. (2) penerapan budaya sekolah tersebut dilakukan melalui pembiasaan - pembiasan kegiatan sekolah yaitu kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler serta kegiatan penunjang pembentukan karakter melalui budaya sekolah yaitu kegiatan outboand dan market day. (3) karakter yang dikembangkan pada budaya sekolah, yaitu kemandirian, kejujuran, percaya diri, disiplin, kreatif, bertanggung jawab, mengakui kesalahan, dan kepemimpinan yang dilihat dari bagaimana siswa menjalankan amanah dengan jujur, adil, dan bisa mengarahkan teman-temannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Depositing User: Dr.Ed. Faridah .
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:22
Last Modified: 28 Jun 2023 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32147

Actions (login required)

View Item View Item