Manajemen Laboratorium di SMP Negeri 7 Enrekang

Musdalifa, Musdalifa and Faridah, Faridah (2021) Manajemen Laboratorium di SMP Negeri 7 Enrekang. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan, 2 (1). pp. 104-117. ISSN 2721-1886

[img] Text
Faridah_Manajemen Laboratorium.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Turnitin_Faridah_Manajemen_Laboratorium.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10301

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan laboratorium di SMP Negeri 7 Enrekang, berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian laboratorium. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengelolan laboratorium IPA dan guru IPA. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: : (1) Perencanan laboratorium mencakup pengadaan alat/bahan laboratorium dilakukan oleh pengelola laboratorium dan guru melalui analisis kebutuhan berdasarkan skala prioritas disesuaikan dengan dana yang ada. Untuk perencanaan program kerja terdapat pada jadwal penggunaan laboratorium. (2) Pengorganisasian laboratorium mencakup struktur organisasi dan pengaturan alat/bahan laboratorium. Di dalam laboratorium sudah ada struktur organisasi, tata tertib dan jadwal penggunaan laboratorium. Untuk pengaturan alat dan bahan dilakukan oleh guru IPA yang saling bekerja sama. Pengaturan alat dan bahan disesuaikan dengan karakteristik alat. (3) Pelaksanaan kegiatan laboratorium mencakup: (a) Persiapan alat/bahan praktik; (b) Penyimpanan alat/bahan praktik; (c) Inventarisasi; dan (d) Pemeliharaan, perawatan, dan kebersihan laboratorium. Pelaksanaan kegiatan laboraatorium di lakukan oleh pengelola laboratorium dan guru IPA. Adapun kebersihan laboratorium dilakukan oleh peserta didik. (4) Pengevaluasian kegiatan laboratorium oleh kepala sekolah dilakukan setiap pergantian semester. Pengevaluasian dilakukan secara langsung dengan mengajak diskusi pengelola laboratorium mengenai kegiatan laboratorium masalah-masalah yang terjadi di laboratorium. Pengelolaan kegiatan laboratorium di SMP Negeri 7 Enrekang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang melibatkan kepala sekolah, pengelola laboratorium dan guru IPA. Pengelolaan kegiatan laboratorium terkendala karena tidak adanya tenaga khusus laboran yang bertugas didalam laboratorium

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Depositing User: Dr.Ed. Faridah .
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:22
Last Modified: 28 Jun 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32145

Actions (login required)

View Item View Item