PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV

Upu, Hamzah and Djam’an, Nurwati (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SPLDV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review_Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi SPLDV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel SMA kelas X yang memenuhi kriteria valid, Praktis, dan Efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi dan memodifikasi model ADDIE yang diujicobakan di kelas X MAS Al Hariz. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu. Analayze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan LKPD yang diperoleh dari keseluruhan aspek adalah 4,70 yang berada ada kategori sangat valid. Selain itu, 91% peserta didik dan 89% guru memberikan respon positif terhadap LKPD dan persentase ketuntasan belajar untuk MAS Al Hariz sebesar 100 % tuntas dalam tes hasil belajar setelah belajar menggunakan LKPD yang dikembangkan. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:34
Last Modified: 28 Jun 2023 14:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32144

Actions (login required)

View Item View Item