Implementasi Full Day School Dalam Perspektif Budaya Sekolah

Rahayuh, Sri and Faridah, Faridah (2020) Implementasi Full Day School Dalam Perspektif Budaya Sekolah. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan, 1 (2). pp. 171-180. ISSN 2721-1886

[img] Text
Faridah_Implementasi Full Day School.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Turnitin_Faridah_Implementasi_Full_Day_School.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10072

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Full Day School Dalam Perspektif Budaya Sekolah di SMA Negeri 11 Pangkep. Berfokus pada intervensi struktural dan intervensi kultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru, pembina ekstrakurikuler, dan siswa. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verfikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi full day school dalam perspektif budaya sekolah di SMA Negeri 11 Pangkep dapat dilihat dari sudut intervensi struktural dan intervensi kultural. Intervensi struktural meliputi kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan yang mencerminkan nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sedangkan dari sudut intervensi kultural di wujudkan melalui penanaman nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong yang diaktualisasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan.

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: Dr.Ed. Faridah .
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:35
Last Modified: 28 Jun 2023 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32143

Actions (login required)

View Item View Item