PENDEKATAN SAITIFIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA

Burhanuddin, Sudirman and Syahruddin, Syahruddin_ and Sahabuddin, Sahabuddin and Majang, Majang PENDEKATAN SAITIFIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA. Jambura Journal of Sports Coaching. ISSN 2654-3435

[img] Text (TURNITIN - Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola)
1 J_PENDEKATAN SAITIFIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (ARTIKEL - - Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola)
1 J -2022 - Jambura Journal of Sports Coaching Vol 4 No 2 Juli hal 88-102 - PENDEKATAN SAITIFIK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf - Published Version

Download (647kB)
Official URL: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola menggunakan punggung kaki dalam permainan Sepak bola mini murid kelas V SD Negeri 55 Kalammassang Kabupaten Bantaeng dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Sampelnya merupakan seluruh populasi murid kelas V berjumah 20 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing dua pertemuan serta dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Aspek yang diamati pada proses pembelajaran yaitu spiritual, psikomotorik, afektif, dan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan murid pada (Pra siklus) hanya 8 murid yang mendapat nilai kriteria cukup dengan presentase 40%, (siklus I, pertemuan 1) ada 3 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 15% dan 8 murid yang mendapat nilai kriteria cukup dengan presentase 40%, (siklus I, pertemuan 2) ada 2 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 10%, ada 8 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 40% (siklus II, pertemuan 1) ada 6 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 30%, ada 14 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 70% (siklus II, pertemuan 2) ada 16 murid yang mendapat nilai kriteria sangat baik dengan presentase 80%, ada 4 murid yang mendapatk nilai kriteria baik dengan presentase 20%. Kesimpulannya, dapat dilihat bahwa peningkatan kemampuan hasil belajar menggiring bola menggunakan punggung kaki dalam permainan Sepak bola mini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkat secara signifikan. Kata Kunci: saintifik; kooperatif; menggiring bola

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: fik unm makassr
Date Deposited: 28 Jun 2023 10:32
Last Modified: 28 Jun 2023 10:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item