PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA SISWA KELAS X-A SMA NEGERI 1 TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Hasnawati, Hasnawati (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA SISWA KELAS X-A SMA NEGERI 1 TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (28kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peningatan pembelajaran menulis teks cerpen dengan pendekatan konstruktivistik siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Fokus penelitian ini dilihat dari tahap pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan siswa menulis teks cerpen dengan pendekatan konstruktivistik siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri atas 2 siklus. Data penelitian ini berupa data hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis teks cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan (observasi) dan tes. Analisis data dilaksanakan berdasarkan data model alir yang meliputi: (1) tahap penelaahan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4)penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran menulis teks cerpen dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis teks cerpen. Peningkatan keterampilan siswa menulis teks cerpen tampak pada hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada setiap kegiatan.Perencanaan tindakan dalam proses pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik disusun dalam bentuk RPP. Kemudian menyimulasikan RPP dan menetapkan kriteria pencapaian pembelajaran menulis teks cerpen serta menyiapkan alat dokumentasi data proses dan hasil pembelajaran berupa pedoman observasi. Pada keterampilan menulis teks cerpen, baik proses maupun hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan pada siklus II. Dari segi hasil, siswa mengalami peningkatan mulai dari tahap pramenulis, menulis, sampai dengan pascamenulis. Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen pada tahap pramenulis tampak pada keantusiasan, keseriusan, keberanian pada setiap kegiatan. Peningkatan kemampuan menulis teks cerpen pada tahap penulisan ditunjukkan dengan keantusiasan, ketekunan, dan kerja sama dalam mengembangkan kerangka menjadi cerpen dan perevisian dilakukan secara individu, berpasangan, dan balikan dari guru. Begitu pula tahap pascamenulis teks cerpen mengalami peningkatan. Penilaian keterampilan menulis teks cerpen pada pratindakan yaitu 24.24%, siklus I mencapai 66.67%, dan mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 96.97%. pendekatan konstruktivistik membantu siswa dalam menulis teks cerpen. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar guru bahasa Indonesia senantiasa mengoptimalkan pendekatan pembelajaran, khususnya pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Kata kunci: keterampilan menulis, pendekatan konstruktivistik, peningkatan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:41
Last Modified: 17 Oct 2017 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item