Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen pada Kecerdasan Emosional dan Persepsi Pada Pelajaran Fisika Peserta Didik Di SMA Negeri I Kalukku

Saputra, Muhammad Nur (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen pada Kecerdasan Emosional dan Persepsi Pada Pelajaran Fisika Peserta Didik Di SMA Negeri I Kalukku. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I 0.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V 2.docx

Download (19kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran kecerdasan emosional dan persepsi peserta didik terhadap pelajaran fisika yang diajar menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan metode pembelajaran konvensional; 2) mengetahui perbedaan kecerdasan emosional dan persepsi peserta didik terhadap pelajaran fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran eksperimen dengan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-post test control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kalukku kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik sebanyak 38 orang dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan peserta didik sebanyak 35 orang. Analisis hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kecerdasan emosional yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran eksperimen dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional 2) Terdapat perbedaan persepsi terhadap pelajaran fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran eksperimen dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci:Metode Pembelajaran, Eksperimen, Kecerdasan Emosional, Persepsi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:17
Last Modified: 17 Oct 2017 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item