Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar Melalui Penerepan Model Pembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE)

Irfan, Muhammad and Syahrani, Syahrani (2018) Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar Melalui Penerepan Model Pembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE). Publikan Jurnals UNM, 8 (1). pp. 7-12. ISSN 2548-6721

[img] Text
B7.2 Porfil Keterampilan Proses.pdf

Download (372kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pubpend/index

Abstract

This study objective is to determine how the description of the skills of science process skills of grade V students of Primary Inpres superior of BTN PEMDA through the application of Learning Model Predict Observe, Discuss, and Explain (PODE). This research is designed in descriptive form to explain exactly what kind of science classroom process skill V SD Inpres superior BTN PEMDA Makassar City. The use of descriptive method aims to get an overview of the skills of science process students in grade V SD Inpres Superior of BTN PEMDA in depth, detailed and intact. The type of data taken is descriptive quantitative data type, where the data is taken Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah gambaran kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Inp. Unggulan BTN PEMDA melalui penerapan Model Pembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE), Penelitian ini didesain dalam bentuk deskriptif guna menjelasakan dengan tepat seperti apa keterampilan proses sains siswa kelas V SD Inp. BTN PEMDA Kota Makassar. Penggunaan metode deskriptif bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai keterampilan proses sains siswa kelas V SD Inp. Unggulan BTN PEMDA secara mendalam, terperinci dan utuh. Jenis data yang diambil adalah jenis data kuantitatif deskriptif, dimana data diambil dari pengamatan langsung oleh peneliti terkait keterampilan proses sains siswa kelas V SD Inp. Unggulan BTN PEMDA. Hasil penelitian adalah: 1) kemampuan melakukan observasi dikategorikan baik; 2) kemampuan melakukan prediksi/hipotesis dikategorikan baik; 3) kemampuan anak melakukan percobaan dikategorikan baik; 4) kemampuan menarik kesimpulan dan melaporkan hasil pengamatan dikategorikan cukup. Secara keseluruhan keterampilan proses siswa dapat dikategorikan baik walaupun masih ada bebarapa aspek yang perlu untuk ditingkatkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses sains, Predict Observe, Disscus, Explain (PODE), Pembelajaran IPA
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Muhammad Irfan
Date Deposited: 27 Jun 2023 14:36
Last Modified: 27 Jun 2023 14:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32107

Actions (login required)

View Item View Item