KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAREPARE

SULAEHA, SITTI (2016) KEEFEKTIFAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAREPARE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal tesis LEHA ok.docx

Download (67kB)

A B S T R A K Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare tanpa menerapkan metode outdoor study, untuk mengkaji kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare dengan menerapkan metode outdoor study dan untuk membuktikan pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare.Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design, sehingga ada dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen sebagai kelas yang diberi perlakuan dengan menerapkan metode outdoor study, sedangkan kelas kontrol sebagai kelas pembanding dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare sebanyak 342 siswa dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen masing-masing sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes yang diperoleh melalui lembar tes berupa pretest dan postest tentang menulis puisi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis secara deskriptif dan secara inferensial. Berikut hasil analisis deskriptif data kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare yaitu (1) Kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare tanpa menerapkan metode outdoor study yang ditunjukkan oleh hasil analisis data pada kelas kontrol yaitu nilai rata-rata data pretest sebesar 47,29 (kategori kurang mampu) mengalami peningkatan pada data postest menjadi sebesar 57,08 (kategori cukup mampu) dengan nilai rata-rata peningkatan (gain) sebesar 0,18 (kategori kurang mampu); dan (2) Kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare dengan menerapkan metode outdoor study yang ditunjukkan oleh hasil analisis data pada kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata data pretest sebesar 46,97 (kategori mampu) mengalami peningkatan pada data postest menjadi sebesar 81,82 (kategori mampu) dengan nilai rata-rata peningkatan (gain) sebesar 0,63 (kategori mampu). Hasil analisis inferensial data kemampuan menulis puisi siswa menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare. Adapun saran yang diharapkan peneliti yaitu pembelajaran menulis puisi dilaksanakan dengan menggunakan metode outdoor study yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk dapat menemukan ide atau inspirasi dalam menulis puisi di luar kelas. Kata Kunci : Keefektifan, Kemampuan Menulis, Metode Outdoor Study, Puisi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 05:31
Last Modified: 17 Oct 2017 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item