PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL KELAS B

HASLINDA, HASLINDA (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL KELAS B. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntuk (1) memberikangambaran yang tepatmengenai pelaksanaan pengembangan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kelas B yang valid, praktisdanefektif, dan (2) Untukmemperoleh produk yakni Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kelas B yang valid, praktisdanefektif. Penelitianinitermasukjenispenelitianpengembangan (Researchand Development atau R & D) model ADDIEyang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1. Analysis (analisa), 2. Design (disain/perancangan),3.Development(pengembangan),4.Implementation (implementasi) dan 5.Evaluation (evaluasi/umpanbalik).Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kelas B di RA Ulil Albab I Gowa yang dikembangkan adalah: (1) kevalidan, dimana Buku Panduan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kelas B memiliki validitas rata-rata 3,40 (kategori valid), Program Semester memiliki validitas rata-rata 3,51 (kategori sangat valid), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) memiliki validitas rata-rata 3,47 (kategori valid), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) memiliki validitas rata-rata 3,76 (kategori sangat valid). (2) Kepraktisan model pembelajaran, dianalisis dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh percentage of agreement (PA) sebesar 100%, nilai rata-rata pada 4 guru sentra berada dalam kategori “baik” sedangkan untuk lembar pengamatan aktifitas guru pada sentra bahan alam berada dalam kategori “baik” dan (3) Keefektifan, dimana Buku Panduan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kelas B, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sesuai dengan penilaian guru dikatakan efektif karena ≥ 80% guru memberikan respon positif “sangat baik”yaitu sebanyak 100% guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 05:26
Last Modified: 17 Oct 2017 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item