NURBAYA, SITTI (2016) PeningkatanMotivasidanHasilBelajarMatematikaMelalui Model Quatum Learning dengan Pendekatan Matematika Realistik Metode Simulasi pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Sinoa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
1. BAB I (1-8).docx Download (23kB) |
|
Text
5. BAB V (106-108).docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Banyaksiswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan matapelajaran yang susah untuk dimengerti. Selain itu kebiasaan siswa menghafalrumus-rumus matematika tanp mengetahui konsepny amengakibatkan siswa hanya mampu menyelesai kan soal yang sama dengan contoh soal yang telah diberikan. Siswa menyelesaikan permasalahan matematika secara individu, interaksi antar siswa antar siswa dengan guru cenderung tidak dilakukan, sehingga hanyasiswa yang tahu saja yang aktifdalam proses pembelajaran, halinimengakibatkanrendahnyahasilbelajarsiswa. Olehkarenaiturumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (i) apakahpenerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasidapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoa? (ii) apakahpenerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasidapatmeningkatkanhasilbelajarbelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoa? Tujuanpenelitianiniadalah (i) meningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoamelaluipenerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasi, (ii) meningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoamelaluipenerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasi. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganteknikpengumpulan data menggunakanlembarobservasi, teshasilbelajar, danangketresponssiswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (i) penerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasidapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoadengan indicator sebagaiberikut: (1) terjadipeningkatanaktivitasbelajarsiswadaripelaksanaantindakansiklus I kesetelahpelaksanaantindakansiklus II, (2) terjadipeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklus I kesiklus II, (ii) penerapan model quantum learning denganpendekatanmatematika realistic metodesimulasidapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 1 Sinoadilihatdaripeningkatanteshasilbelajarsiswadariakhirsiklus I dansiklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3204 |
Actions (login required)
View Item |