DESKRIPSI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI DIMENSI PROSES KOGNITIFMENGANALISIS DAN DIMENSI PENGETAHUAN KOSEPTUAL DAN PROSEDURAL REVISI TAKSONOMI BLOOM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINJAI SELATAN

Asdar, Muh (2016) DESKRIPSI PEMAHAMAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI DIMENSI PROSES KOGNITIFMENGANALISIS DAN DIMENSI PENGETAHUAN KOSEPTUAL DAN PROSEDURAL REVISI TAKSONOMI BLOOM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINJAI SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(4) JURNAL MUH. ASDAR.docx

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK: Proses kognitif menganalisis adalah kemampuan menguraikan suatu materi atau konsep ke dalam bagian-bagian yang lebih rinci dan menentukan bagaimana hubungan antara bagian dan antara setiap bagian dan struktur keseluruhannya.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tentang pemahaman materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari dimensi proses kognitif revisi taksonomi Bloom. Fokus penelitian ini adalah mengetahui proses kognitif menganalisis dimensi pengetahuan konseptual dan prosedural. Untuk menjawab pertanyaan Peneliti dengan baik, maka fokus penelitian ini diarahkan untuk: indikator menganalisis dengan memperhatikan kata kerja operasional yang digunakan yaitu: Mengaitkan, Menunjukkan hubungan antar variabel dan Memerinci. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 5 Sinjai Selatan sebanyak 6 orang yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 1 orang laki-laki yang dipilih berdasarkan tes kemampuan matematikanya. Teknik analisis data penelitian ini mengikuti alur penelitian dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, membuat coding, melakukan pemeriksaan keabsahan data, memaparkan data, menafsirkan data, dan menganalisis hal-hal yang menarik dari data yang ditemukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian indikator-indikator pada Taksonomi Bloom deskripsi proses kognitif menganalisis pada dimensi pengetahuan konseptual siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sinjai Selatan untuk subjek berkemampuan tinggi cenderung mampu memunculkan indikator menunjukkan hubungan antar variabel, subjek berkemampuan sedang cenderung mampu memunculkan indikator menunjukkan hubungan antar variabel sedangkan subjek berkemampuan rendah cenderung mampu memunculkan indikator mengaitkan. Sedangkan pencapaian indikator-indikator pada Taksonomi Bloom deskripsi proses kognitif menganalisis pada dimensi pengetahuan prosedural siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sinjai Selatan untuk subjek berkemampuan tinggi cenderung mampu memunculkan indikator memerinci, subjek berkemampuan sedang cenderung mampu memunculkan indikator memerinci sedangkan subjek berkemampuan rendah cenderung tidak mampu memunculkan indikator memerinci. Kata Kunci:Deskripsi Penguasaan, Revisi Taksonomi Bloom, Menganalisis.dimensi pengetahuan koseptual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:53
Last Modified: 17 Oct 2017 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item