Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar

RAJEMAWATI (2023) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
0. SAMPUL AWAL.docx

Download (52kB)
[img] Text
1. sampul.docx

Download (93kB)
[img] Text
2. SKRIPSI RAJMA.docx

Download (139kB)
[img] Text
0.LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
1. Lampiran 2.docx

Download (106kB)
[img] Text
2. Lampiran 12.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (167kB)
[img] Text
RPP pertemuan 2 siklus 1.docx

Download (460kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa hanya 50% pada mata pelajaran matematika kelas V di SD. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stary untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini penerapan model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan hasil belajar siswa. Dengan subjek penelitian guru dan semua siswa kelas V SD Inpres yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tehknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis persentase hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 berada pada kategori tidak tuntas karena dalam proses pembelajaran guru belum maksimal melaksanakan langkah-langkah Two Stay Two Stray dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tuntas karena dalam proses pembelajaran guru melaksanakan langkah-Langkah Two Stay Two Stray yang diharapkan. Terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan peningkatan aktivitas belajar siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:42
Last Modified: 27 Jun 2023 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31960

Actions (login required)

View Item View Item