PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENCAPAIAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KAHU KABUPATEN BONE

Tamrin, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENCAPAIAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KAHU KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(17) JURNAL MUH. TAMRIN.docx

Download (62kB)

ABSTRAK: Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1). Bagaimana kualitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam upaya pencapaian penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone?, (2). Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah kelas X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone?, (3). Bagaimana gambaran pencapaian penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone?. Sedangkan tujuan penelitan ini adalah: (1). memperoleh informasi tentang kualitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam upaya pencapaian konsep fisika peserta didik X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone, (2). mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis masalah kelas X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone, dan (3). Untuk mengungkapkan seberapa besar pencapaian Pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah.Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Produk tersebut terdiri atas 3 Komponen yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan (4) Tes Pemahaman Konsep Fisika (Suhu dan Kalor). Proses Pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), dan (4) Penyebaran (Dessimenate) dari Terigana dan Sammuel. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang valid dan reliabel. Sebagai inplikasi yang diperoleh dalam perangkat ini, disarankan: (1). Kepada pendidik Fisika untuk dapat menggunakan pada konsep suhu dan kalor. Untuk keperluan pengembangan selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik dan tes pemahaman konsep fisika) yang disesuaikan dengan pembelajaran berbasis masalah sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan memiliki kemampuan dalam proses pemecahan masalah serta dapat menkonstruksi sendiri ide/pengetahuannya. Kata Kunci:PengembanganPerangkat, Pembelajaran Berbasis Masalah, dan PemahamanKonsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:30
Last Modified: 17 Oct 2017 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item