BOLA MASAGENAE: Program Sociopreneur dan Rumah Literasi Bagi Kaum Dhuafa di Kota Parepare

Asniar Khumas, - and Andi Halimah, - BOLA MASAGENAE: Program Sociopreneur dan Rumah Literasi Bagi Kaum Dhuafa di Kota Parepare. SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “Peluang dan tantangan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di era kebiasaan baru” ISBN: 978-623-7496-57-1.

[img] Text (Jurnal)
Bola Masagena.pdf

Download (639kB)

Abstract

Abstrak. Kondisi ekonomi orangtua anak-anak jalanan di kota Parepare, Sulawesi Selatan membuat anak-anak tidak melanjutkan pendidikan dasar. Anak tidak sekolah disebabkan ketidakmampuan orang tua untuk membiayai pendidikan anaknya. Anak jalanan memilih untuk membantu orang tua mencari nafkah untuk kehidupan sehari-hari termasuk dalam membayar sewa kontrakan. Orang tua yang tidak bekerja membuat anak menjadi pekerja dan penghasilannya menjadi sumber pemasukan utama dalam keluarga. Pengabdian yang dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah program sociopreneur bagi orang tua anak jalanan dan rumah literasi bagi anak jalanan di kota Parepare. Kedua program ini berjalan bersinergi sebab keuntungan usaha social enterprise dapat mendanai keberlangsungan kegiatan literasi bagi anak jalanan yang putus sekolah. Program ini melibatkan 3 ibu anak jalanan dan 20 anak jalanan di Kota Parepare. Hasil yang dicapai dari program ini adalah peningkatan keterampilan bagi ibu anak jalanan dan peningkatan kemampuan literasi bagi anak jalanan di kota Parepare. Kegiatan ini merupakan pengabdian muti-tahun dan telah menghasilkan Produk Wirausaha dan Modul untuk Fasilitator Rumah Literasi bagi Anak Putus Sekolah. Kata kunci: Program Sociopreneur, Program Literasi, Anak Putus Sekolah

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:35
Last Modified: 27 Jun 2023 04:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31945

Actions (login required)

View Item View Item