Analisis Kesadaran Dan Pengetahuan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Konsep Kesetimbangan Kimia

Jusniar, Jusniar and Muh, Yunus and Hardin, Hardin (2021) Analisis Kesadaran Dan Pengetahuan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Konsep Kesetimbangan Kimia. pp. 659-666. ISSN 9786233870146

[img] Text
garuda3509419.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian deskriptif korelasional ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesadaran metakognisi dengan pengetahuan metakognitif mahasiswa Pendidikan Kimia setelah implementasi Strategi M-PBL. Disampin itu, juga untuk melihat ada tidaknya hubungan kesadaran dan pengetahuan metakognisi dengan hasil belajar KK. Sampel penelitian sebanyak 35 mahasiswa yang memprogramkan Kimia Dasar Lanjut pada semester genap Tahun akademik 2020/2021. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu 1) angket MAI (metacognitive Awareness Inventory) diadaptasi dari Scraw untuk mengukur kesadaran metakognitif. 2) Tes semi objektif masing-masing sebanyak 12 item untuk mengukur pengetahuan metakognitive yaitu pengetahuan deklaratif, prosedural, dan kondisional. Rubrik pengetahuan metakognitif untuk Konsep Kesetimbangan Kimia (KK) mengadaptasi rubrik Rompayom. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan dengan menggunakan Spearman’s rho antara pengukuran pengetahuan metakognitif dengan angket MAI dan skor tes pengetahuan metakognitif konten KK. Masing-masing harga korelasi pengetahuan deklaratif adalah r = 0,338 (kuat); pengetahuan prosedural r = 0,559 (kuat); dan pengetahuan kondisional r = 0,618 (sangat kuat). Korelasi angket kesadaran metakognisi dengan hasil belajar kategori lemah; sedang skor tes pengetahuan metakognitif dengan hasil belajar KK berkorelasi kuat

Item Type: Article
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:50
Last Modified: 27 Jun 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31931

Actions (login required)

View Item View Item