Penerapan Model Pembelajaran Discovery Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo

Ahmad Aedil Hasran N (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.

[img] Text
Skripsi Ahmad Aedil.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas dan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang (K), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), pertemuan II berada pada kategori baik (B). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C), pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B), pertemuan II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 57 Belawa Kecamatan Beawa Kabupaten wajo

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:20
Last Modified: 27 Jun 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item