Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SD Negeri II Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar

Surahmi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SD Negeri II Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (10MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VB SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SD Negeri II Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajara Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VB SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas VB SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 22 orang. Fokus penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada pembelajaran ips dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus pertama dalam kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan, aktivitas hasil belajar siswa pada siklus 1 dalam kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I dalam kategori cukup dan pada sklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi kategori baik Dengan demikian, penerapan pendekatan model pembelajara Example Non Example pada kelas VB dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:59
Last Modified: 27 Jun 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31911

Actions (login required)

View Item View Item