PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

NAJAMUDDIN, NAJAMUDDIN (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VIII D SMP Negeri 6 Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII D SMP Negeri 6 Sinjai Selatan dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan, variasi, dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajarIPS siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas pra tindakan adalah 32,08%, kemudian meningkat menjadi 68,60% pada siklus I dan menjadi 87,08% pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pretest adalah 34,17 meningkat menjadi 77,36 pada siklus I dan menjadi 86,39 pada siklus II. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:58
Last Modified: 17 Oct 2017 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item