PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 4 PAREPARE

NURHAM, NURHAM (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 4 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel.docx

Download (86kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses, dan hasil keterampilan menulis cerpen melalui model Discovery Learning siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare pada pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen. Laki-laki sebanyak 20 orang dan perempuan sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan datamelalui observasi dan pemberian tugas menulis cerpen setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran menulis cerpen tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil menulis mengalami peningkatan. Pada tahap perencanaan terjadi perubahan pada guru mata pelajaran dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik. Tahap pelaksanaan, siswa mengalami perubahan sikap menjadi lebih baik. Tahap evaluasi, hasil tes kemampuan menulis cerpen dengan memperhatikan aspek isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I siswa belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditentukan. Pada siklus II siswa sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learningdapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare setelah dilaksanakan dalam dua siklus. Kata kunci:,cerpen, kemampuan menulis, model pembelajaran Discovery Learning,peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:56
Last Modified: 17 Oct 2017 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item