Proses Pembelajaran Daring Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Zulhaji, Zulhaji and Darmawang, Darmawang and Jumadin, Jumadin (2022) Proses Pembelajaran Daring Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Prosiding Edisi 9, November 2022, Makassar Sulawesi Selatan Indonesia.

[img] Text (Artikel)
19. 40652-101210-1-SM.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Prosiding Nasional-Proses Pembelajaran Daring Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di.pdf

Download (957kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/40...

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemic dan new normal dilakukan secara daring tidak terkecuali pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Dari jumlah mahasiswa sebanyak 336 orang sedangkan yang memprogramkan mata kuliah Media Pembelajaran Kejuruan Semester genap 2021/2022 sebanyak 42 orang. Dalam penelitian ini menggunakan Variabel proses pembelajaran daring yang dilihat berdasarkan apek kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran daring pada seluruh aspek proses pembelajaran nilai baik pada persentase 100%, berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dosen telah melaksanakan pembelajaran daring dengan baik. Berdasarkan hasil analisis statistik keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring berada pada kategori tinggi dengan nilai 86%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Kejuruan FT UNM telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:34
Last Modified: 26 Jun 2023 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31833

Actions (login required)

View Item View Item