Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Fakultas Teknik

Anita Candra, Dewi and Muhammad, Yahya and Darmawang, Darmawang (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Fakultas Teknik. In: Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Prosiding Edisi 5, November 2022, Makassar Sulawesi Selatan Indonesia.

[img] Text (Artikel)
17. 39821-99279-1-SM.pdf

Download (221kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Prosiding Nasional-Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Fakultas Teknik.pdf

Download (936kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/39...

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan (R & D) dengan tiga tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian untuk menghasilkan prduk dan menguji keefektifan produk tersebut. Tiga tahapan penelitian tersebut adalah 1) tahap studi pendahuluan, berupa penemuan potensi dan masalah serta pengumpulan data awal; 2) tahap studi pengembangan, melakukan pendesainan model pembelajaran proyek, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi, uji coba pemakaian, lalu evaluasi untuk menghasilkan model yang sempurna; dan 3) tahap evaluasi, melakukan penyebaran angket untuk mengetahui kualitas model yang telah diterapkan. Fokus penelitian adalah model pembelajaran berbasis proyek mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan dan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik elektronika berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen nontes dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu Profil model pembelajaran berbasis proyek yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Kegiatan Mahasiswa, dan (3) Bahan Ajar telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek di berada pada kategori tinggi. Efektifitas model pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:27
Last Modified: 26 Jun 2023 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item View Item