Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Era Digital Industri 4.0

Muhammad, Yahya and Darmawang, Darmawang and Wahyudi, Wahyudi and Zulhaji, Zulhaji (2022) Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Era Digital Industri 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Prosiding Edisi 5, November 2022, Makassar Sulawesi Selatan Indonesia.

[img] Text (Artikel)
16. 39872-99355-1-SM.pdf

Download (218kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Prosiding Nasional-Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Era Digital I.pdf

Download (932kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/39...

Abstract

Perkembangan teknologi Industri 4.0 saat ini memudahkan manusia dalam penyampaian informasi. Hal ini juga berpengaruh dalam lingkup pendidikan khususnya pembelajaran kelistrikan otomotif di sekolah menengah kejuruan dan pendidikan tinggi. Pembelajaran kelistrikan otomotif harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi pada era digital khususnya pada perkembangan teknologi industri 4.0 saat ini agar tujuan dari proses pembelajaran kelistrikan otomotif dapat tercapai. Pembelajaran kelistrikan otomotif saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran/mata kuliah membosankan yang menyebabkan partisipasi peserta didik juga cenderung pasif. Sehingga hal ini dapat berdampak pada rendahnya kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran kelistrikan otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan media interaktif sebagai kebutuhan pembelajaran kelistrikan otomotif di era digital industri 4.0. Penelitian ini melibatkan 2 dosen mata kuliah kelistrikan otomotif dan 30 mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar mahasiswa terhadap mata kuliah kelistrikan otomotif disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media digital maupun media trainer yang digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran kelistrikan otomotif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di era digital industri 4.0.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:19
Last Modified: 26 Jun 2023 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item View Item