Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian (PTK Pada Siswa Kelas Xi Penyuluh Pertanian SMK Negeri 2 Walenrang)

Andi Ali, Imran and Muhammad, Yahya and Darmawang, Darmawang (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian (PTK Pada Siswa Kelas Xi Penyuluh Pertanian SMK Negeri 2 Walenrang). Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan (Progresif), 2 (1). pp. 12-20. ISSN 2809-4492

[img] Text (Artikel)
8. 5189-12464-1-SM.pdf

Download (699kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Jurnal Nasional-Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jungsaw untuk Meningkatkan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/progresif/article/view/29859

Abstract

penelitian ini disusun berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran alat dan mesin pertanian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Penyuluh Pertanian SMK Negeri 2 Walenrang yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan, tes siklus I diperoleh skor rata- rata sebesar 66,4 dan tes siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 75,83. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw dapat mengefektifkan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan 1) frekuensi kehadiran siswa, 2) keberanian bertanya dan menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran, 3) mempersentasekan hasil diskusi di depan kelas, dan 4) ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas serta meningkatnya 5) keseriusan siswa dalam mengikuti mata pelajaran alat dan mesin pertanian.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:09
Last Modified: 26 Jun 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31810

Actions (login required)

View Item View Item