Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar

Rasyid, Febrianti and Manra, Mario and Syukur, Muhammad (2022) Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. Predestinasi, 15 (2). pp. 11-21. ISSN 1978-9351

[img] Text (Hasil Turnitin)
95. PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR.pdf

Download (383kB)
[img] Text (Jurnal Ilmiah)
Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar.pdf

Download (348kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/predistinasi/article/view/40...

Abstract

Febrianti Rasyid, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. 2) Faktor yang menjadi penghambat guru dalam melaksanakan perannya sebagai fasilitator selama pembelajaran daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 6 orang. Adapun kriteria informan dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian sehingga peneliti dapat mengetahui bagaimana peran guru sebagai fasilitator selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berusaha untuk melaksanakan perannya sebagai fasilitator selama proses pembelajaran daring dengan menyediakan fasilitas untuk mendukung keberhasilan pembelajaran daring, memberikan berbagai metode pembelajaran, menyediakan beberapa media selama pelaksanaan pembelajaran daring. Selama melaksanakan perannya tersebut guru menemukan berbagai kendala yang dapat menghambat kelangsungan pembelajaran daring seperti jaringan internet yang tidak stabil, penggunaan kuota internet yang banyak dan mahal, murid tidak memiliki smartphone, orang tua yang belum terbiasa mendampingi anaknya dalam pembelajaran daring. Kata Kunci: Pembelajaran daring, guru, fasilitator

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 25 Jun 2023 15:08
Last Modified: 25 Jun 2023 15:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item