Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau

Tabroni, Tabroni and Syukur, Muhammad and Indrayani, Indrayani (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3), 4 (2). pp. 261-266. ISSN 2684-8384

[img] Text (Hasil turnitin)
94. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning d.pdf

Download (486kB)
[img] Text (Jurnal Ilmiah)
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kab. Rokan Hulu Riau.pdf

Download (329kB)
Official URL: https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Rokan IV Koto pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII-B melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran menyajikan kepada siswa masalah yang autentik dan bermakna sehingga memberikan kemudahan pada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inquiry. Problem Based Learning bertujuan membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir dalam memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Selain melatih pengetahuan dan keterampilan siswa, model ini juga diharapkan dapat meningkat hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh berdasarkan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap tindakan guru dan mengumpulkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil test belajar IPS siswa dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa setelah iterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning, terdapat peningkatan aktivitas guru,peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan disarankan agar guru SMP Negeri 4 Rokan IV Koto dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci: Model Pembelajaran; Problem Base Learning; IPS

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 25 Jun 2023 15:00
Last Modified: 25 Jun 2023 15:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31779

Actions (login required)

View Item View Item