Rekondisi Mesin Bubut “Light Gap-Bed Lathe” Model Cq 6250 Pada Laboratorium Pendidikan Teknik Mesin

Anwar, Badaruddin and Djuanda, Djuanda and Ismail, Rusli and HUSDA, BASO RIADI Rekondisi Mesin Bubut “Light Gap-Bed Lathe” Model Cq 6250 Pada Laboratorium Pendidikan Teknik Mesin. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021 Penguatan Riset Inovasi dan Kreatifitas peneliti di era pandemi covid 19.

[img] Text (Artikel - Rekondisi Mesin Bubut “Light Gap-Bed Lathe” Model Cq 6250 Pada Laboratorium Pendidikan Teknik Mesin)
25.1. Artikel_ Rekondisi Mesin Bubut.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (Turnitin - Rekondisi Mesin Bubut “Light Gap-Bed Lathe” Model Cq 6250 Pada Laboratorium Pendidikan Teknik Mesin)
25.2. Turnitin_Rekondisi Mesin Bubut.pdf - Supplemental Material

Download (600kB)

Abstract

Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, Masalahnya adalah: melakukan rekondisi pada mesin bubut merek Light Gap Bed Lathe Model CQ 6250 yang telah rusak. Sasaran eksternal adalah proses mengembalikan kondisi awal (rekondisi) mesin bubut Light Gap Bed Lathe Model CQ 6250 dengan fokus pada perbaikan system kelistrikan, dan kinerja mesin. Metode observasi langsung diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan pada mesin bubut. Tahapan rekondisi dimulai dari mengident ifikasi kerusakan me s in b u b u t d e n g a n me la k u k a n pemeriksaan visual, pengujian fungsi pada mesin, kemudian dilanjutkan dengan menganalisa kerusakan, dan tindakan perbaikan terhadap hasil analisa. Metode pengujian fungsi, pengujian kinerja mesin dilakukan untuk melihat ketercapaian tujuan rekondisi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh fungsi system kelistrikan kembali normal, kinerja mesin untuk putaran spindle dapat berfungsi. Kata kunci: Rekondisi, Mesin bubut, Uji kinerja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:37
Last Modified: 26 Jul 2023 00:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item View Item