Dewi, Nur Sita and Syukur, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI DAN KONTRIBUSI KOMITE SEKOLAH TERHADAP PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 11 PANGKEP. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 2 (1). pp. 83-96. ISSN 2830-0572
Text (Hasil Turnitin)
87. IMPLEMENTASI DAN KONTRIBUSI KOMITE SEKOLAH.pdf Download (650kB) |
|
Text (Jurnal Ilmiah)
Implementasi Dan Kontribusi Komite Sekolah Terhadap Program Sekolah Ramah Anak Di SMA Negeri 11 Pangkep.pdf Download (604kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap pengimplementasian program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik, guru yang mengajar di SMA Negeri 11 Pangkep minimal 5 tahun dan guru yang pernah mengikuti sosialisasi sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) adanya sosialisasi mengenai program sekolah ramah anak kepada seluruh pihak sekolah, b) pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, c) adanya sarana dan prasarana yang ramah anak, d) pelaksanaan pembelajaran yang ramah anak, e) memiliki lingkungan sekolah yang baik untuk perkembangan anak dan f) partisipasi anak dalam kegiatan sekolah ramah anak. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) pemberi pertimbangan atau saran terhadap perencanaan program sekolah ramah anak, b) pengontrol program sekolah ramah anak, c) pemberi dukungan untuk pengembangan program sekolah ramah anak dan d) mediator terhadap permasalahan yang terjadi dalam program sekolah ramah anak. Kata Kunci: Implementasi, kontribusi, komite sekolah dan sekolah amah anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Nuhasni Muis |
Date Deposited: | 25 Jun 2023 13:41 |
Last Modified: | 25 Jun 2023 13:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31744 |
Actions (login required)
View Item |