Peningkatan Motivas Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Sistem Peredaran Darah”. (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Ernawati S. Kaseng)

NUR RAJEMI, HASAN (2014) Peningkatan Motivas Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Sistem Peredaran Darah”. (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Ernawati S. Kaseng). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
NUR RAJEMI HASAN. 2014.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK NUR RAJEMI HASAN. 2014. ”Peningkatan Motivas Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Sistem Peredaran Darah”. (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Ernawati S. Kaseng) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 13 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem peredaran darah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 13 Makassar Semester Genap Tahun Ajaran 2013-2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Motivasi belajar siswa pada siklus I berada kategori sangat tinggi, tinggi, dan sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi dan tidak ada siswa berada kategori sedang, rendah dan sangat rendah; 2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu rata-rata siswa yang aktif menulis topik dan tujuan pembelajaran pada siklus I sebesar 21,9% menjadi 71,1% pada siklus II, siswa yang menyimak penjelasan guru pada siklus I sebesar 57% menjadi 94,7% pada siklus II, siswa mencatat atau menyalin apa yang telah dijelaskan oleh guru pada siklus I 14,9% menjadi 49,1% pada siklus II, siswa aktif membentuk tim sesuai dengan arahan guru pada siklus I 71,9% menjadi 92,1% pada siklus II, siswa aktif dalam tim saat mencari jawaban LKS pada siklus I 61,4% menjadi 71,9% pada siklus II. siswa meminta bimbingan kepada guru saat kerja kelompok pada siklus I 25,4% menurun menjadi 17,5% pada siklus II, siswa menjawab pertanyaan pada saat turnamen berlangsung pada siklus I sebesar 81,6% menjadi 88,6% pada siklus II, siswa yang aktif menulis kesimpulan saat pembelajaran selesai pada siklus I 14,9% pada siklus II menjadi 18,4%, siswa yang melakukan kegiatan lain baik dalam proses pemberian materi pelajaran maupun disaat mengerjakan tugas pada siklus I 16,7% pada siklus II menurun menjadi 3,5%; 3) Analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yakni sebesar 94,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: ?? sch_bio ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 26 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item