Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa

Ningsih, Hartiwi Aliah and Yunus, Sitti Rahma and Saenab, Sitti and Mamin, Ratnawaty (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa. CSE: Celebes Science Education, 1 (1). pp. 1-9. ISSN e : 2829-629X; p : 2829-646x

[img] Text
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa.pdf

Download (372kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/CSE/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman konsep peserta didik setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah, (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman konsep peserta didik setelah diajar melalui model pembelajaran langsung, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab.Gowa (Studi Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor) tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan tes pemahaman konsep dalam bentuk objektif dan lembar observasi keterlaksanaan model. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data untuk kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 34.43 kategori sangat tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 32.23 kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat tinggi, (2) Tingkat pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab.Gowa (Studi Pada Materi Suhu dan Kalor) tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:19
Last Modified: 27 Jun 2023 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31622

Actions (login required)

View Item View Item