Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar

Ferawaty, Eka and Ramlawati, Ramlawati and Saenab, Sitti (2022) Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar. CSE: Celebes Science Education, 1 (3). pp. 72-79. ISSN e: 2829-629X; p: 2829-646x

[img] Text
Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar.pdf

Download (287kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/CSE/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia, (2) mengetahui tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia dan yang diajarkan dengan menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian Intect-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar sebanyak 10 kelas yang berjumlah 360 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas VIII 10 sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui google form. Berdasarkan hasil analisis statistik, t hitung yang diperoleh yaitu 1,96 dan t tabel 2,02, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia dan peserta didik yang diajar dengan media konvensional pada materi pokok sistem peredaran darah

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:19
Last Modified: 27 Jun 2023 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31621

Actions (login required)

View Item View Item