Ferawaty, Eka and Ramlawati, Ramlawati and Saenab, Sitti (2022) Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar. CSE: Celebes Science Education, 1 (3). pp. 72-79. ISSN e: 2829-629X; p: 2829-646x
Text
Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar.pdf Download (287kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia, (2) mengetahui tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia dan yang diajarkan dengan menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian Intect-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar sebanyak 10 kelas yang berjumlah 360 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas VIII 10 sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui google form. Berdasarkan hasil analisis statistik, t hitung yang diperoleh yaitu 1,96 dan t tabel 2,02, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar yang diajar dengan menggunakan multimedia dan peserta didik yang diajar dengan media konvensional pada materi pokok sistem peredaran darah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:19 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31621 |
Actions (login required)
View Item |