Analisis Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMA Cokrominoto Tmalanrea Makassar (Ditinjau Kekuatan Lengan, Tungkai, dan Koordinasi Mata-Tangan)

Hakim, Hikmad (2012) Analisis Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMA Cokrominoto Tmalanrea Makassar (Ditinjau Kekuatan Lengan, Tungkai, dan Koordinasi Mata-Tangan). COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 4 (3). pp. 60-68. ISSN 2085-5398

[img] Text (Artikel)
14. Jurnal COMPETITOR No.3 Thn 4, Okt 2012.pdf

Download (485kB)

Abstract

Gerakan dasar dalam permainan bolavoli semuanya dilakukan dengan menggunakan lengan sebagai penggerak utama pada proses pelaksanaannya. Oleh karena itu passing bawah yang merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan harus memiliki kemampuan fisik kekuatan lengan. Sedangkan tungkai berfungsi untuk membantu pergerakan dalam pelaksanaan teknik dasar passing bawah. Posisi tungkai dalam permainan bolavoli membentuk sebuah kuda-kuda dengan proses setengah jongkok. Hal ini dilakukan agar supaya proses pelaksanaan pantulan bola pada lengan untuk dapat diarahkan dengan baik. Kemampuan mengkoordinasikan gerak mata dan tangan adalah yang terjadi dari informasi yang diintegrasikan ke dalam gerak anggota badan. Semua gerakan tangan harus dapat dikontrol dengan penglihatan dan harus tepat sesuai dengan urutan yang direncanakan untuk melakukan passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan lengan, kekuatan tungkai, dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Namun populasi tersebut dibatasi pada siswa laki-laki saja agar mempunyai kesamaan sifat dalam hal jenis kelamin dengan sampel yang diambil atau digunakan dalam penelitian ber-jumlah 60 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling atau secara undian. Data yang terkumpul tersebut perlu dianalisis secara statistik deskriptif maupun infrensial dengan taraf signifikan 95% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan jawaban sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang signifikan kekuatan lengan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli terbukti r0 = 0,612 (P < α0,05), (2) Ada hubungan yang signifikan kekuatan tungkai dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli terbukti r0 = 0,666 (P < α0,05), (3) Ada hubungan yang signifikan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli terbukti r0 = 0,859 (P < α0,05), dan (4) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan lengan, kekuatan tungkai, dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli terbukti r0 = 0,860 (P < α0,05).

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Ulfah Bakri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:18
Last Modified: 27 Jun 2023 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31600

Actions (login required)

View Item View Item