Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik

Nurlaela, Nurlaela and Firman, Firman (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan, 10 (1). pp. 120-136. ISSN 2337-7593

[img] Text (Artikel)
4105-Article Text-8401-1-10-20230605 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer review Pengembangan Multimedia Pembelajaran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/arti...

Abstract

Multimedia pembelajaran merupakan komponen sistem penyampaian pengajaran yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Pengembangan multimedia dilandasi oleh persepsi bahwa pembelajaran akan berlangsung dengan baik, efektif, dan menyenangkan jika didukung oleh media pembelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. Oleh karena itu, pengembang perlu memahami konsep, model, prinsip, desain, dan evaluasi multimedia pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik di SMK Negeri 3 Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Bantaeng kelas XII pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Untuk memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektifitas dalam penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini digunakan lima langkah, yaitu: studi pustaka, studi lapangan, penyusunan draft produk, uji coba terbatas, dan uji coba lebih luas. Uji kevaliditasan dilakukan oleh 2 orang validator, uji kepraktisan dilakukan melalui hasil respon siswa dan observasi terhadap guru yang menggunakan multimedia, sedangkan uji efektifitas dilakukan melalui penilaian terhadap hasil belajar siswa kemudian membandingkannya dengan hasil uji kompetensi pada tahun 2011 dan tahun 2012. Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik pada penelitian ini efektif meningkatkan persentase tingkat kelulusan siswa dimana persentase kelulusan siswa jauh lebih baik dan ada peningkatan dibandingkan dengan persentase kelulusan pada uji kompetensi tahun 2011 dan tahun 2012. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa produk multimedia yang dihasilkan sangat praktis dan siswa sangat berminat untuk belajar karena adanya variasi dalam pemberian materi ajar, sedangkan dari hasil observasi guru yang menggunakan multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia yang digunakan sangat baik, menarik dan sangat praktis.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 24 Jun 2023 13:16
Last Modified: 24 Jun 2023 13:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31595

Actions (login required)

View Item View Item