Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pelurusan Rambut Mahasiswa Pkk Konsentrasi Tata Rias Universitas Negeri Makassar

Hasrawati, Hamsar and Rusli, Ismail and Nurlaela, Nurlaela (2023) Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Pelurusan Rambut Mahasiswa Pkk Konsentrasi Tata Rias Universitas Negeri Makassar. Journal of Vocational Instruction, 2 (1). pp. 11-19. ISSN 2829-0658

[img] Text (Artikel)
46668-117475-1-PB (1).pdf

Download (300kB)
[img] Text (Peer review)
Peer Review Hubungan Kemandirian Belajar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/article/view/46668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat dan dapat dipercaya tentang seberapa jauh hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah pelurusan rambut mahasiswa PKK Konsentrasi Tata rias Universitas Negeri Makassar, Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasional, Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan keluarga Konsentrasi tata rias angkatan 2019 yang sebelumnya telah mengikuti dan mengambil mata kuliah pelurusan rambut, sampel yang digunakan ialah sebanyak 22 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat normalitas dan lineraitas, dan melakukan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mempengaruhi prestasi belajar atau semakin tinggi kemandirian belajar semakin tinggi pula prestasi belajar, sebaliknya semakin rendah kemandirian belajar maka semakin rendah prestasi belajar yang dilakukan oleh mahasiswa PKK Konsentrasi Tata Rias Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 24 Jun 2023 13:05
Last Modified: 24 Jun 2023 13:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31590

Actions (login required)

View Item View Item