NFH, Alifya (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERACTIVE E-BOOK MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK TELKOM MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Jurnal_Alifya NFH.docx Download (73kB) |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pembelajaran pemrograman dasar yang berlangsung sebelum menggunakan interactive E-book; (2) mengetahui proses pengembangan bahan ajar interactive E-book; (3) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan interactive E-book yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Researchand Developmentdengan model pengembangan DDD-E yang terdiri dari empat tahapan yaitu decide, design, develop, dan evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran pemrograman dasar menggunakan bahan ajar berbasis printed, pendidik sudah menggunakan LCD dalam proses pembelajaran untuk menampilkan simulasi pemrograman, dan keseluruhan peserta didik menggunakan laptop pribadi selama proses pembelajaran berlangsung; (2) tahapan awal proses pengembangan adalah menentukan tujuan dan materi pembelajaran, tahapan selanjutnya merancang peta kompetensi materi, flowchart, interface, dan stroryboard, dilanjutkan dengan proses pembuatan bahan ajar interactive E-book dengan software 3D PageFlip, camtasia, balabolka, ispring dan adobe flash, tahapan terakhir adalah mengevaluasi bahan ajar interactive E-book yang telah dikembangkan; (3) dinyatakan valid oleh validator ahli materi dan media dengan kriteria sangat valid, rerata respon peserta didik berdasarkan uji coba yang dilakukan sangat baik, rerata respon pendidik terhadap bahan ajar interactive E-booksangat baik, persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik efektif, rerata persentase observasi aktifitas peserta didik dan pendidik saat menggunakan bahan ajar interactive E-book sangat aktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3159 |
Actions (login required)
View Item |