Analisis Keterlaksanaan Kompetensi Psikomotorik (KD.4) pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA di Kota Makassar pada Masa Pandemi Covid-19

Nurinayah, Nurinayah and Azis, Andi Asmawati and Muis, Abdul (2022) Analisis Keterlaksanaan Kompetensi Psikomotorik (KD.4) pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA di Kota Makassar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biology Teaching and Learning, 5 (1). pp. 30-41. ISSN 2621-5535

[img] Text (Artikel)
12.pdf

Download (307kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/34294/16304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator pada kompetensi dasar yang dikembangkan oleh guru sudah mencapai standar kurikulum dan untuk mengetahui kompetensi psikomotorik (KD.4) pada pembelajaran biologi kelas XI SMA yang dikembangkan oleh guru pada masa pandemi terlaksana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket yang disebar pada siswa kelas 11 SMA dan Guru Biologi kelas XI SMA. Instrument ini menggunakan skala guttman yang telah melalui validasi ahli oleh 2 orang dosen ahli. Subjek penelitian adalah 5 orang guru dan 319 orang siswa dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMAN 9 Makassar, SMAN 11 Makassar dan SMAS Bosowa School Makassar. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan siswa dan guru masing-masing mengisi angket yang telah dibuat dalam bantuk form online, dokumentasi dan wawancara, data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hanya terdapat 3 orang guru biologi yang mengembangkan indikator mencapai standar kurikulum dan 2 guru lainnya tidak mencapai standar kurikulum yaitu SMAN 9 Makassar dan SMAS Bosowa School Makassar. Tidak semua indikator yang dikembangkan oleh guru terlaksana, rata-rata persentase keterlaksanaan berada pada rentang 40% ≤X ≤60% yang dapat dikategorikan sebagai cukup terlaksana.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:14
Last Modified: 24 Jun 2023 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item