Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Materi Virus Kelas X MIPA 2 SMAN 15 Bone

Adhelina, Adhelina and Hartati, Hartati and Azis, Azis (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Materi Virus Kelas X MIPA 2 SMAN 15 Bone. Jurnal Biology Teaching and Learning, 4 (1). pp. 55-66. ISSN 2621-5535

[img] Text (Artikel)
14.pdf

Download (297kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/8167/11386

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model NHT dengan pendekatan saintifik terhadap minat dan hasil belajar biologi siswa. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dan dipilih pada kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes pilihan ganda berupa tes deskripsi sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran serta pemberian angket minat belajar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan pembelajaran kooperatif model NHT dengan pendekatan saintifik terhadap minat belajar biologi siswa tergolong efektif. (2) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa tergolong efektif. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik efektif diterapkan dengan kriteria efektivitas pelaksanaan pembelajaran terpenuhi, aktivitas siswa dalam kategori sangat baik, respon siswa positif serta minat dan hasil belajar biologi siswa meningkat.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:02
Last Modified: 24 Jun 2023 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31547

Actions (login required)

View Item View Item