ANALISIS PROBLEMATIKA PENGAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAREPARE

MARTHA, MARTHA (2016) ANALISIS PROBLEMATIKA PENGAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAREPARE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL MARTHA.docx

Download (70kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan, (1) Mendeskripsikan prolematika pengajaran menulis teks prosedur dilihat dari aspek struktur teks pada siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Parepare, dan (2) Mendeskripsikan problematika pengajaran menulis teks prosedur dilihat dari unsur kebahasaan pada siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Parepare. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi problematika dalam pengajaran menulis teks prosedur dilihat dari aspek struktur maupun kebahasaan. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelass VIII5 dalam menulis teks prosedur adalah 55. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 90 dan terendah 20. Prolematika pengajaran menulis teks prosedur dilihat dari aspek struktur teks siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare yang terjadi adalah siswa belum mampu mendeskripsikan tujuan dan langkah-langkah menulis teks prosedur menyalakan dan mematikan komputer dengan tepat hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang menarik. Problematika pengajaran menulis teks prosedur dilihat dari unsur kebahasaan pada siswa SMP Negeri 1 Parepareadalah siswa masih belum mampu menulis teks prosedur sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Kata kunci: problematika dan teks prosedur.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:25
Last Modified: 13 Oct 2017 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item