PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISIDENGAN TEKNIK AKROSTIK SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 5 PAREPARE

SAID, ADIATI (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISIDENGAN TEKNIK AKROSTIK SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 5 PAREPARE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
5. BAB I - III.docx

Download (61kB)

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Parepare tahun pelajaran 2016-2017. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII.1 diketahui kemampuan siswa dalam menulis puisi belum optimal. Siswa cenderung memilih diksi yang kurang tepat, keberanian siswa mengungkapkan ide masih kurang serta perolehan hasil menulis puisi 12 dari 20 siswa belum mencapai KKM yaitu 75. Dengan kendala tersebut, guru harus bisa memilih teknik yang tepat untuk pembelajaran menulis puisi. Salah satu teknik yang tepat yaitu teknik akrostik Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi:(1)Bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Parepare? (2) Bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Parepare? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Parepare. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa persentase keterampilan guru meningkat, siklus I dengan skor 29 kategori baik dan pada siklus II menjadi 32 kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, yaitu 62,7% siklus I dengan kategori baik dan 75,7% pada siklus II kategori sangat baik. Selain itu, keterampilan siswa dalam menulis puisi meningkat, yakni ketuntasan klasikal 65% (belum tuntas) siklus I dan ketuntasan klasikal sebesar 90% (tuntas) pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik akrostik dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci: puisi, teknik akrostik, peningkatan, keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:23
Last Modified: 13 Oct 2017 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item