Tiyastuti, Sri Purwati and Yunus, Sitti Rahma and Saenab, Sitti (2022) Deskripsi Keterampilan Komunikasi Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bulukumba. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6 (2). pp. 206-212. ISSN E-ISSN: 2598 - 9669 P-ISSN: 2598-9634
Text
Deskripsi Keterampilan Komunikasi Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bulukumba.pdf Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis gaya belajar peserta didik, (2) tingkat keterampilan komunikasi peserta didik, dan (3) keterampilan komunikasi ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Variabel dalam penelitian ini yaitu gaya belajar dan keterampilan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 29 Bulukumba. Pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling sebanyak 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan tes keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 4 jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan visual kinestetik. Keterampilan komunikasi berada pada kategori sedang dengan skor rata rata 9,6. Keterampilan komunikasi ditinjau dari gaya belajar peserta didik yaitu visual kategori sedang, auditorial kategori rendah, kinestetik kategori rendah dan visual kinestetik kategori rendah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31480 |
Actions (login required)
View Item |