Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong

Winantu, Winantu (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I winantu.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB V winantu.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar dapat meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong, Mengetahui Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong, Mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dini di Taman Kanak-Kanak Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen atau uji coba pada peserta didik TK Bethesda Sele Be Solu Kota Sorong semester genap tahun 2015/2016 dengan jumlah anak 16 orang anak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa data tentang kegiatan peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran , dan respon anak-anak peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif berupa tes hasil belajar (kemampuan motorik halus dan pelaksanaan pembelajaran menggambar ). Analisis data kulitatif dan kuantitatif dilakukan secara deskriptif, untuk data kualitatif menggunakan teknik observasi dengan skor skala licher 1-4, dengan 5 aspek penilaian, sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik, menghitung kegiatan pelaksanaan pembelajaran menggambar dan kemampuan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus baik, karena peserta didik mendapat nilai rata-rata 15,25 dan kemampuan motorik halus anak meningkat dari 9,68 menjadi 15,25 berada pada kategori baik, artinya ada respon positif peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran menggambar.Sehingga ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran menggambar terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini Kata kunci : Kemampuan motorik halus,Pelaksanaan pembelajaran menggambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:15
Last Modified: 13 Oct 2017 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item