Lodang, Hamka and Baharuddin, Rahmat and Kurnia, Nani and Saenab, Sitti (2022) Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA. Jurnal Nalar Pendidikan, 10 (1). pp. 41-49. ISSN (e) : 2477 – 0515 /(p): 2339 – 0794
Text
Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa handout dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik materi pembelahan sel kelas XII SMA yang valid dan praktis, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Lokasi penelitian yaitu di SMAN 1 Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Subjek penelitian adalah guru Biologi dan peserta didik kelas XII SMA 1 Wonomulyo. Penilaian kevalidan handout dan LKPD dilakukan oleh dua validator ahli menggunakan lembar validasi. Kepraktisan handout dan LKPD dinilai berdasarkan respon dua orang guru dan 31 orang peserta didik dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor total kevalidan handout dan LKPD masing masing adalah 3,50 dan 3,53 dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan handout berdasarkan respon guru dan peserta didik masing-masing 95,00% dan 91,45% dengan kategori sangat praktis. Nilai kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru dan peserta didik masing-masing 93,75% dan 91,13% dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa handout dan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > BIOLOGI - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31479 |
Actions (login required)
View Item |