Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPIT Al Khair.

Alipah, Masyawan and Haris, Abdul and Nuraeni, Nuraeni and Saenab, Sitti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPIT Al Khair. Jurnal IPA Terpadu, 6 (2). pp. 1-13. ISSN e: 2597 – 8985 / p: ISSN 2597 - 8977

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PPL) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMPIT Al Khair.pdf

Download (236kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VII SMPIT Al Khair pada materi kalor dan perpindahannya. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar test akhir setiap siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi dalam setiap siklus. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dalam tiap siklusnya. Persentase keaktifan peserta didik pada Siklus I adalah 33,33 %, Siklus II 66,67 % dan Siklus III 89.58%. Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I adalah 67 %, Siklus II menjadi 83 % dan siklus III menjadi 100 %. Rata – rata hasil belajar pada siklus I adalah 72,22, Siklus II menjadi 81,67 dan siklus III menjadi 90,91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VII SMPIT Al Khair.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:16
Last Modified: 27 Jun 2023 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item